Thursday, July 12, 2018

Cara Berhemat Ketika Kamu Jadi Pengangguran


Dikala kamu baru lulus kuliah dan sedang menjalani cara kerja melamar kerja, karenanya bisa dikatakan itu waktu yang susah. Karena kita akan mengalami fase menganggur dan tidak mempunyai pemasukan apa saja (apabila sudah tidak dibiayai orang tua). Tak cuma bagi para freshgraduate, untuk kamu yang sudah berprofesi kemudian memutuskan resign dari daerah kerja sebab tidak sesuai atau alasan lainnya, dan tengah menjalani masa tunggu hingga mendapatkan pekerjaan baru. Itu juga, fase yang benar-benar berat. Dalam kondisi seperti itu, praktis kamu tidak mendapatkan penghasilan bulanan yang pasti. Kalaupun menjalani pekerjaan sebagai freelancer, itu belum tentu menjadi solusi sebab penghasilan yang diperoleh sifatnya tidak menentu. Berharap tidak mau, kit seharusnya melaksanakan penghematan pengeluaran selama menjadi pengangguran. 


Bagaimana caranya? simak tips berikut :

1. Makan Di Rumah

Usahakan untuk tidak membeli makanan di resto atau resto, sebab bagaimanapun juga mengolah sendiri makanan biayanya lebih murah dan sehat. Hindari makan di daerah-daerah yang serba fast food atau kencang saji. Kamu bisa mulai berbelanja bahan makanan di pasar tradisional seperti beras, daging ayam, sayuran, buah, dan bumbu dapur untuk memenuhi keperluan makan sehari-hari. Seandainya perlu, belilah bahan makanan itu dalam ukuran kilogram yang lebih besar, bukan eceran. Harganya tentu akan jauh lebih murah dibandingi dengan harga di supermarket. Olah keperluan makanmu sendiri selama masa menganggur untuk menghemat tarif makan.

2. Hentikan Kultur Buruk Yang Tak Sehat

Terpenting saja budaya buruk yang berpotensi menghaburkan banyak uang? Banyak. Salah satunya yakni merokok. Percaya atau tidak, uang yang dikeluarkan akibat hal itu sangatlah banyak. Satu bungkus rokok yang kamu beli setiap hari, terbukti cukup untuk membeli keperluan makan selama satu hari atau untuk tarif transportasi dikala datang untuk wawancara kerja.

Bijaklah memakai uangmu selama dalam masa menganggur. Karena, rokok juga bisa berakibat buruk pula kepada kondisi psikis dan kesehatan. Lagipula, sudah tahukan akibat dari merokok yang banyak diceritakan oleh spesialis kesehatan? Karena itu, jangan perburuk kondisi dan segeralah berhenti.

3. Alternatif Transportasi Seandainya

Pengeluaran untuk membeli bensin mobil seharusnya kamu pertimbangkan untuk dikurangi, begitupun untuk motor. Seandainya mau pergi ke suatu daerah untuk keperluan tertentu, cukup gunakan transportasi publik lokal untuk menghemat pengeluaran di sector ini. Pertanyaannya, bagaimana apabila ongkos untuk mencapai daerah yang dituju benar-benar mahal. Hal yang sebaliknya bisa dikerjakan untuk menghemat tarif. Rencana, usahakan untuk tidak mampir ke daerah lain yang berpotensi membuat kita mengeluarkan lebih banyak uang disamping untuk bensin ya.

4. Buat Seandainya Pengeluaran yang Realistis

Di tengah kondisi keuangan yang tidak pasti dikala kamu jadi pengangguran, membuat agenda pengeluaran yakni seharusnya undang-undangnya. Dalam agenda pengeluaran hal yang demikian, ingat satu hal bahwa kamu seharusnya membuatnya serealistis mungkin. Hindari belanja barang yang tidak diperlukan dalam waktu dekat dan tetaplah memasukkan anggaran untuk keperluan rutin seperti makan dan tarif transportasi.

5. Negosiasikan Harga Sewa Kost atau Rumah

Seandainya kamu tinggal di fasilitas sewa, coba negosiasikan dengan pemilik kost atau rumah kamu seputar harga sewa atau bentang waktu pembayarannya. Seandainya, Anda bisa membayar tarif kost atau sewa rumah dalam dua termin. Seandainya Kamu berkomunikasi dengan bagus dan jujur pada pihak penyewa, karenanya ia akan paham.

6. Jangan Ragu Seandainya Bantuan Uang

Seandainya sahabat atau keluarga kamu mengulurkan bantuan berupa pemberian uang, jangan ragu untuk menerimanya. Anggap saja sebagai pinjaman lunak, apabila kamu sudah berprofesi dan punya penghasilan tetap, karenanya uang itu bisa diganti.

No comments:

Post a Comment

Kapasitas Paru-Paru Dan Kaitannya Dengan Kesehatan

Kapasitas paru-paru yakni kesanggupan paru-paru dalam menampung udara saat bernafas. Penurunan dan peningkatan kapasitas paru-paru dapat...